Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Thegreenroomperth – Seperti biasa, Galaxy S series kali ini juga terbagi menjadi tiga produk, yakni Galaxy S21 biasa, Plus dan Ultra. Kali ini kita akan membahas varian Ultra yang merupakan “kasta” yang lebih tinggi dibandingkan dengan kedua adiknya. Tentu saja ponsel ini juga memiliki harga yang paling mahal. Model Ultra dengan konfigurasi paling rendah (RAM 128/12 GB) mulai dari Rp 19.999.000,-.

Sangat mahal, bukan? Jika sudah tahu harganya mahal, tentunya Anda tidak ingin membeli kucing dalam karung. Kamu perlu tahu dulu seluk beluk ponsel ini, jangan sampai mahal, ternyata fiturnya banyak yang nggak perlu mubazir.

Keunggulan Samsung Galaxy S21 Ultra

Melihat spesifikasi di atas mungkin cukup menggoda Anda. Tetapi untuk memberi tahu Anda lebih banyak, kami menjelaskan secara rinci beberapa kelebihannya.

1. Kamera quad dengan fitur luar biasa

Ponsel ini memiliki banyak fungsi kamera yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk menghasilkan karya fotografi yang indah. Varian Ultra ini kini juga memiliki setup quad camera sebagai pengganti triple camera seperti Plus dan reguler.

Memiliki lensa utama ISOCELL HM3 dengan resolusi 108 MP yang mampu melakukan clustering untuk menggabungkan 9 piksel menjadi satu. Tentu saja, sensitivitas lensa terhadap cahaya yang jauh meningkat dan lebih dapat diandalkan dalam fotografi malam hari.

Tak hanya itu, varian Ultra ini juga memiliki tiga kamera pelengkap lainnya, termasuk dua lensa telefoto. Satu lensa adalah lensa periskop 10 MP dengan kemampuan zoom optik 10 kali, yang lainnya adalah lensa telefoto 10 MP dengan kemampuan zoom optik 3x. Secara total, kemampuan zoom perangkat ini bisa mencapai 100x dalam fitur bernama Space Zoom.

Kemudian lensa lainnya adalah sensor ultra lebar 12 MP dengan kemampuan bidang pandang 120 derajat, untuk mengambil lebih banyak area dalam satu bingkai. Kesimpulannya, keempat kamera ini memungkinkan Anda mengambil gambar dengan ketajaman yang sangat baik, mencapai zoom jarak jauh tanpa mengurangi kualitas, dan ideal untuk mengambil foto keluarga berkat bidang pandang lensa yang lebar.

Selain itu, fitur perangkat lunaknya dapat memungkinkan HP Photography untuk menghasilkan karya seni yang indah. Salah satu yang pasti menjadi favorit pengguna adalah Single Take, yaitu fitur perekaman satu klik singkat. Nantinya, AI perangkat lunak akan menawarkan berbagai opsi pengambilan, seperti video, foto dengan filter tertentu, dll.

Fitur Director’s View juga akan memungkinkan pengguna melihat perspektif semua lensa sekaligus. Hal ini memudahkan sutradara untuk mengambil sudut terbaik dari kamera belakang, sekaligus mengambil foto dari kamera depan.

2. Fitur konektivitas yang inovatif

Apakah Anda termasuk orang yang sering kehilangan barang? Jika demikian, biarkan Galaxy S21 Ultra mengurus barang Anda yang hilang. Dengan fitur pita ultra lebar dan aksesori tambahan yang disebut Smart Tag (dijual terpisah), Anda dapat dengan mudah dan akurat melacak item Anda.

UWB juga hanya tersedia dalam varian Plus dan Ultra, dan dapat digunakan sebagai cara untuk mentransfer data antara dua ponsel pada frekuensi yang lebih tinggi. Selain UWB, fitur konektivitas lainnya seperti NFC dan WiFi 6E juga hadir.

3. Tempat pena S

Semua orang tahu bahwa stylus atau stylus S biasanya hanya dimiliki oleh perangkat atau tablet seri Galaxy Note. Nah, untuk Galaxy S21 Ultra ini baru pertama kali bisa menggunakan S Pen pada produk Galaxy S series.

Istimewanya, dukungan S Pen tidak tersedia untuk kedua adiknya, hanya pada varian Ultra. Ada alasan bagus bagi pengguna yang menginginkan fitur tambahan ini untuk membeli Ultra daripada varian yang lebih rendah.

4. Performa chipset yang luar biasa

Samsung Galaxy S21 Ultra tidak berbeda dengan ponsel lain di seri ini, sama-sama menggunakan Exynos 2100 dengan build 5nm yang berkinerja baik dan hemat daya. Sayangnya, pengguna Indonesia tidak berkesempatan untuk menikmati varian Snapdragon 888. Pasalnya, varian Qualcomm hanya tersedia untuk pasar AS dan China.

Exynos 2100 sendiri merupakan peningkatan drastis atas Exynos 990 yang menyambangi seri Galaxy S20. Perusahaan asal Korea Selatan itu juga mengklaim bahwa kapasitas prosesor Exynos 2100 30% lebih cepat dalam tugas multi-core dibandingkan Exynos 990.

Chipset ini memiliki tiga cluster yang terdiri dari satu inti ARM Cortex X1 dengan clock speed 2,9 GHz, kemudian tiga inti ARM Cortex A78 dengan daya 2,8 GHz dan sisanya merupakan inti hemat energi berupa empat inti ARM Cortex A55 (2.2 GHz).

Sementara itu, GPU terintegrasi ke dalam Mali-G78 MP14. Exynos 2100 juga terintegrasi dengan modem 5G, mampu kecepatan koneksi hingga 7,35 Gbps untuk jaringan mmWave dan 5,1 Gbps untuk jaringan Sub-6.

Menurut GSM Arena, performa Exynos 2100 di Galaxy S21 Ultra juga tidak bisa dianggap remeh. Meski Galaxy S21 reguler menggunakan chip yang sama, varian Ultra ternyata jauh lebih unggul dengan skor 657.150. Padahal Galaxy S21 hanya mendapat 584.055.

Seperti Galaxy S21 biasa yang performanya mengalahkan iPhone 12, varian Ultra ini juga lebih unggul dari iPhone 12 Pro Max. Luar biasa, bukan?

5. Layar 120Hz adaptif dengan resolusi tajam

Menonton di smartphone sudah menjadi hal yang lumrah. Selain mudah dibawa-bawa, layar ponsel masa kini juga cukup besar dan layak digunakan sebagai display stand. Nah, Samsung mendapatkan ini dengan sangat baik dan memiliki kualitas layar yang sangat mengesankan.

Pertama-tama, panel yang digunakan adalah Dynamic AMOLED 2X, yang menawarkan kecepatan refresh dua kali lipat dari kebanyakan ponsel lainnya. Tampilan 120Hz-nya yang super mulus dapat membuat tampilan layar lebih mulus saat menggulir.

Dan berkat rentang kecepatan refresh 10Hz hingga 120Hz, ponsel juga akan beradaptasi dengan aktivitas yang dimaksud. Dengan cara ini, Anda dijamin hanya bisa menikmati 120Hz dalam aktivitas yang benar-benar membutuhkan, seperti menonton film atau bermain game. Sedangkan saat layar statis, refresh rate otomatis akan berubah menjadi 10Hz untuk menghemat daya baterai.

Sertifikasi HDR10+ juga membuat layar terlihat nyata, terutama saat digunakan untuk menonton YouTube dalam kualitas HDR.

Galaxy S21 Ultra juga memiliki ukuran layar terbesar di seri ini, yakni 6,8 inci dengan resolusi WQHD+ atau dikenal juga dengan 1440p. Akhirnya, dia tidak lagi hanya Full HD Plus seperti kedua adiknya. Alhasil, resolusi menjadi lebih tajam dan memberikan imersi maksimal saat bermain game atau menonton film.

Refensi : Berita Teknologi Terbaru