7 Jenis Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh karya seni rupa 3 dimensi –  Seni rupa adalah suatu senin yang mengedapankan keindahan atau estetika dari suatu karya yang ditampikan. Karya seni rupa sendiri dibagi mejadi 2, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Seni rupa 2 dimensi adalah seni rupa yang memiliki panjang dan lebar saja seperti lukisan. Sedangkan seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang tidak hanya memiliki panjang dan lebar, akan tetapi juga memiliki kedalaman. Contoh konkrit dari seni rupa 3 dimensi adalah patung.

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Di sini, akan dijelaskan lebih dalam mengenai jenis karya seni rupa 3 dimensi. Apa saja jenis-jenisnya? Jenis karya seni rupa 3 dimensi dapat dibedakan berdasarkan dimensi, fungsi, dan tema.

1. Anyaman

Seni rupa yang satu ini menggunakan teknik menyilang dan menumpuk sehingga membentuk suatu pola yang dinamakan anyam. Bahan untuk membuat anyaman biasanya terbuat dari bahan yang lentur, mudah dibentuk, dan mudah untuk dipindahkan. Contohnya adalah rotan, daun, bilahan bambu, hingga bahan sintetis.

Ada banyak sekali produk anyaman yang ada di sekitar kita. Biasanya digunakan sebagai peralatan rumah tangga seperti tempat nasi dan tudung saji. Seni rupa anyaman juga biasa digunakan untuk topi petani. Pada produ-produk yang lebih modern, anyaman diaplikasikan pada tas, dompet, topi, hingga menjadi hiasan dinding.

Baca juga: Game kartu Android terbaik

2. Kerajinan Keramik

Kerajinan keramik dibuat dari tanah liat yang sudah melalui proses pembakaran seperti gerabah dan genteng. Namun, seiring berjalannya waktu, bahan baku keramik dicampur dengan bahan kimia. Ciri khas dari kerajinan keramik adalah mudah pecah, kaku, keras, dan cenderung berat.

Contoh kerajinan keramik adalah piring, vas bunga, dan ornamen penghias meja atau ruangan.

3. Kriya Logam

Kriya logam adalah salah satu warisan nenek moyang. Karena sejak dahulu kala, nenek moyang kita sudah membuat kriya logam menggunakan cara-cara tradisional. Kriya logam banyak ditemui pada peralatan sehari-hari, seperti keris, pedang, dan tombak.

Kriya logam juga diaplikasikan pada alat musik seperti gong dan gamelan. Sedangkan pada peralatan rumah tangga, kriya logam dapat dijumpai pada garpu, sendok, panci, wajan, dan pisau.

4. Seni Patung

Menurut KBBI, patung adalah tiruan bentuk hewan, manusia, atau benda lain dengan cara dipahat pada batu, kayu, dan bahan lainnya. Adanya seni patung lebih ke arah estetika. Contoh seni patung yang terkenal di Indonesia adalah patung Dewa Wisnu, di Jimbaran, Bali.

5. Seni Instalasi

Merupakan seni yang membutuhkan pemasangan atau penyusunan dari berbagai seni yang ada. Contohnya adalah pemasangan beberapa patung dan lukisan.

6. Arsitektur

Arsitektur adalah seni membuat suatu bangunan baik rumah, gedung, tempat ibadah, dan lain sebagainya, yang berhubungan dengan kehidupan manusia dan juga lingkungan.

7. Environtmental Art (Seni Lingkungan)

Seni lingkungan adalah suatu seni yang terintegrasi dengan lingkungan. Biasanya terdiri dari banyak bangunan dan penunjangnya dengan tujuan untuk menjadikan sebuah wahana. Contoh seni lingkungan adalah Taman Impian Jaya Ancol dan Kampung Bambu.

Berdasarkan fungsinya, jenis karya seni rupa 3 dimensi dibagi menjadi dua yaitu seni rupa terapan dan seni rupa murni. Seni rupa terapan jika memiliki fungsi tidak hanya estetika saja. Sedangkan seni rupa murni hanya mengedepankan estetika.

Sedangkan berdasarkan temanya, karya seni rupa 3 dimensi dapat dilihat dari gagasan pokoknya, seperti tema cinta, religius, lingkungan, dan tema-tema yang lainnya.

Tinggalkan Balasan